Breaking News

Luar Biasa!!! Dinkes Berau memberikan vaksin meningitis secara gratis


Tanjung Redeb, Berau - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau mengadakan Vaksin meningitis untuk calon Jamaah haji Kabupaten Berau di ruang pertemuan kantor Dinkes Berau, jalan mawar Tanjung Redeb, Selasa (23/04/24).

Vaksin meningitis bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit radang Selaput Otak dan diperlukan bagi setiap orang yang akan berpergian jauh seperti perjalanan ke Luar Negeri, seperti ibadah  Haji.

Pemberian vaksin dapat menurunkan risiko terkena meningitis. Vaksin meningitis dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membentuk antibodi untuk melawan bakteri penyebab meningitis.

Pemberian vaksin meningitis disarankan 2-3 minggu atau tidak kurang dari 14 hari sebelum keberangkatan, vaksin ini dapat bertahan untuk jangka waktu 2 tahun.

Sebanyak 161 jamaah Berau melakukan vaksin, dan 8 orang dari luar daerah. Pelaksanaan vaksin di mulai pukul 8 pagi sampai selesai. Untuk jamaah yang tekanan darahnya lebih dari 170 milimeter air raksa (mmHg), di minta untuk kembali ke puskesmas terdekat hari Jumat nanti.

Kepala Dinkes Berau melalui pak Hery Santoso, SE
 Selaku PJ. Pelayanan Kesehatan Haji Berau, mengatakan, " khusus haji reguler vaksin hari ini tidak di bebankan ke calon jamaah, untuk jamaah gratis. Sementara untuk Haji Plus karena pemerintah tidak menyiapkan vaksinnya, mereka harus vaksin di Kantor kesehatan Pelabuhan Berau, dan mereka Berbayar".

"Sebanyak 161 calon jamaah haji keberangkatan tahun ini semua di nyatakan istito'ah, layak berangkat. Untuk jamaah Berau akan masuk Embarkasi Balikpapan tanggal 3 Juni jam 7 pagi. Kita tergabung kelompok terbang 15 gelombang kedua", tutupnya.
Asdar Wahyoesri, www.jejakkasus.id
© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID