Breaking News

Berasa di Cappadocia Festival Ballon Udara Wonosobo Tradisi Merayakan Lebaran 2024


Wonosobo-www.Jejakkasus.id 

Senin,15 April 2024 Festival Ballon Udara di Desa Simbang Jaraksari Kab Wonosobo, dengan mengusung tema "Simbang Ballon Culture 2024".

Desa yang terletak di wilayah Wonosobo sekitar pukul 07 00 Wib sudah banyak sekali di padati pengunjung baik itu lokal maupun dari luar kota yang hadir di lokal,saat awak media Tribuncakranews dan Radarnet mampir di lokasi Desa Simbang Jaraksari Kab Wonosobo.

Ada satu acara rutin yang digelar di Kabupaten Wonosobo saat momen libur Lebaran sejak tahun 2023, yakni Festival Balon Wonosobo. Saat berkunjung ke festival ini, wisatawan bisa menyaksikan pesona balon aneka warna yang menghiasi langit. 

Saat berfoto dengan latar belakang balon-balon ini, wisatawan seolah sedang berada di Cappadocia, Turkiye yang memang dikenal sebagai wisata balon udara dunia. 

Festival Balon Wonosobo digelar selama 10 hari, yakni Mulai Kamis (11/4/2024) hingga Minggu (21/4/2024). 

Adapun hari terakhir pada gelaran ini merupakan puncak acara Festival Balon Wonosobo yang digelar di Alun-alun Wonosobo. "Festival balon merupakan event unggulan Wonosobo yang selalu digemari semua kalangan, baik masyarakat lokal maupun luar daerah," kata Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo, Sri Fatonah Werdiyati Ismangi, dilansir dari laman Visit Jawa Tengah. 

Festival Balon Wonosobo digelar 10 hari Menariknya, Festival Balon Wonosobo tahun 2024 yang digelar selama 10 hari, memungkinkan wisatawan meluangkan waktu lebih banyak untuk menikmatinya. 

Berikut ini adalah jadwal Festival Balon Wonosobo 2024: 

Festival Balon Kembaran (11-14 April) Festival Balon Semayu (12 April) Festival Balon Karangluhur (13-14 April) Festival Balon Lamuk (13-14 April) Festival Balon Kaliasem (14-15 April) Festival Balon Jaraksari (16 April) Festival Balon Simbang (12-16 April) Festival Balon Mudal (17 April) Festival Balon Reco (16-17 April) Festival Balon Sambek (18-19 April) Festival Balon Anshor/Bojasari Siyono (14-15 April) Festival Balon Anshor/Candiyasan (18-19 April) Festival Balon Wringinanom (20 April) Puncak Festival 21 April di Alun-alun Wonosobo Jika ingin berkunjung ke Festival Balon Wonosobo, maka wisatawan diimbau sudah ada di lokasi pada pagi hari sebelum pukul 06.00 WIB. Balon akan mengudara hingga pukul 08.00 WIB atau 09.00 WIB. 

Narasumber yang kita temui, yakni Andi Setiawan Ketua Panitia di desa Simbang, sedikit memberikan keterangan bahwa cara ini dapat terlaksana di tahun ini Karena dukungan dari berbagai pihak antara lain :
Otban 3 Jogja, Airnaf Sidoarjo, Polres Wonosobo, Polsek Kalikajar, Camat Kalikajar, Kepala Desa Simbang.
Untuk hari ini di ikuti oleh 23 komunitas Balon Udara yang semuanya berasal dari kota wonosobo antara lain:
KSB Junior, Komunitas Balon Serang, Gost Sukoyoso, Romansa Langgeng, Master Langit Trenggiling Sariyoso, Loreng Ngondang Kertek, Anse Kreatif Seprih, Watu Layang Sontonayan, SBS Sambek, Sengkuni percil, Ompol Dewo Deles, Ompol Deweo, Ngakid Ngasinan Kidul, Buba Butuh  Kalikajar, Clasik, Laexsiodel, Candi Mulyo, persingo, GB, Deltras, RGM, Sido makmur, Argosari.
Kemudian dari pihak sponsor tunggal adalah dari Indomaret yang menjadi sponsor.

Diakhir keterangan Andi menyampaikan bahwa Jadwal terakhir festival balon di desa Simbang Kalikajar adalah tanggal 16 April 2024 di mulai jam 06 00 Wib sampai dengan jam 09 00 Wib, pungkasnya.

Redaksi:www.jejakkasus.id
© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID