Breaking News

Bimtek Peluang Pasar Ekspor Bagi Pelaku UMKM Berau


Tanjung Redeb, Berau www.jejakkasus.id

Dinas Koperasi dan Perdagangan / Diskoperindag Berau menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peluang Pasar Ekspor Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di ruang rapat lantai 2 kantor Koperindag Berau, Selasa (19/09/2023).

Maksud Bimtek Kegiatan Pembinaan Peluang Pasar Ekspor Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Bidang Perdagangan dalam Negeri ini adalah untuk membahas mengenai peluang pasar ekspor bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Dengan tujuan utama bimtek ini mengembangkan, Meningkatkan, mengupayakan, potensi komoditi komoditi dari Kabupaten Berau sebagai komoditi ekspor kedepannya. 

Narasumber di hadirkan langsung dari Kementerian Perdagangan RI Jakarta.
Sementara 25 jumlah peserta tersebar dari kecemasan Tanjung Redeb dan sekitarnya.

Hj. Eva Yunita Kepala Dinas / Kadis Koperindag Berau dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan," Tugas pokok dan fungsi Dinas Koperindag Kabupaten Berau adalah melaksanakan Pelayanan Umum, membuat kebijakan dan melaksanakan pembinaan dibidang Bidang Usaha Perdagangan disamping bidang Koperasi dan UKM, Bidang Sarana Perdagangan dan Bidang Usaha Industri".

"Dinas Koperindag Kab. Berau dalam Pembinaan terhadap Bidang Usaha Perdagangan dengan berbagai macam permasalahan yang dihadapi diantaranya adalah : 
1. Masih sedikit UKM, Koperasi dan IKM untuk melakukan kegiatan ekspor.
2. Belum ada pengetahuan pelaku dalam kegiatan ekspor.
3. Adanya komoditi pertanian, perkebunan dan perikanan yang berpotensi ekspor belum terakomodir di Kabupaten Berau", lanjutnya.

"Salah satu upaya Dinas Koperindag dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah mencari alternatif Komoditi lain untuk ekspor selain batu bara sehingga dapat mendongkrak PAD Kabupaten Berau sehingga tidak semata-mata bergantung kepada Batu Bara, dan selain itu untuk keanekaragaman ekspor dari Kabupaten Berau", paparnya.
"Mudah-mudahan dengan Kegiatan Bimtek Pembinaan Peluang Pasar Ekspor Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Bidang Perdagangan Luar Negeri ini dapat membuka peluang-peluang komoditi untuk dijadikan komoditi ekspor yang terdapat di Kabupaten Berau. Dan juga makin banyaknya para pelaku usaha UKM/IKM untuk sebagai pelaku ekspor.
Kita menyadari bahwa Sumber Daya Alam Kabupaten Berau cukup tersedia, persoalannya adalah sejauh mana kita dapat memanfaatkan secara efesian. Karena itu yang pertama harus kita lakukan melakukan kerjasama dibidang perdagangan ini", tutupnya.
(Asdar) www.jejakkasus.id
© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID