Breaking News

WAK Soroti Bimtek Dana Desa di Kabupaten Wajo


SULSEL.JEJAKKASUS.ID
WAJO|| Sekertaris Wajo Anti Korupsi (WAK) Kabupaten Wajo Hasan Basri sapaan Gobang menyoroti terkait berbagai kegiatan desa, salah satunya adalah bimbingan teknis (bimtek) dari anggaran dana desa. Bimtek sejatinya memang dibutuhkan untuk memastikan kompetensi aparatur desa Kabupaten Wajo dalam melaksanakan tugas-fungsinya menyelenggarakan pemerintahan desa. Hal ini diatur dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan regulasi terkait lainnya. Namun karena kegiatan ini didanai dengan Dana Desa, sepatutnya Bimtek diselenggarakan dengan prosedur yang jelas, mulai dari perencanaan sampai evaluasi kegiatannya.

"Oleh karena itu, WAK menghimbau agar pemerintah Kabupaten Wajo, APDESI, pemerintah Kecamatan, dan Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa  dapat berkoordinasi dengan baik, sehingga pelaksanaan Bimtek berjalan efektif dan tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat," kata Gobang pada Kamis, (24/8/2023).

Terkait rencana pelaksanaan Bimtek untuk Desa di Kabupaten Wajo, sebagaimana yang beredar informasi dari kepala desa beberapa waktu lalu, WAK sudah menyampaikan keprihatinan masyarakat kepada Aparat Penegak Hukum Kejaksaan Negeri Wajo.

Terpisah "Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintahan Desa Kabupaten Wajo Dra.Hj. Andi Liliyannah, M.M.saat dihubungi, Kamis, (24/8/2023) tidak tahu menahu terkait dengan kegiatan Desa baik Studi Banding maupun Bimtek, kami tidak pernah berkordinasi apalagi keterlibatan dalam kegiatan tersebut" tegasnya

Pada hakikatnya, kata Gobang, Dana Desa ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wajo melalui berbagai program pembangunan di desa, termasuk upaya-upaya menurunkan angka kemiskinan, juga memastikan akses pelayanan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat Wajo.

Setiap tahun, Pemerintah menetapkan prioritas penggunaan Dana Desa. Sebagaimana yang diketahui, prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 bertujuan untuk pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan mitigasi dan penanganan bencana alam dan non-alam untuk mendukung pencapaian SDGs Desa.

"WAK mohon perhatian Bupati wajo, agar relevansi Bimtek dilaksanakan dengan memerhatikan kebutuhan masyarakat dan upaya pencapaian prioritas penggunaan dana desa tahun 2023," sebut Gobang sekertaris WAK Kabupaten Wajo

WAK berharap, jika Bimtek sudah dikaji dengan baik kebutuhan dan kebermanfaatannya, direncanakan pelaksanaannya dengan pertimbangan efektivitas kegiatan dan efisiensi anggaran, maka hasil Bimtek nantinya akan sesuai dengan kebutuhan kompetensi aparatur desa di wajo."tutup Gobang 
Team Investigasi Provinsi Sulawesi Selatan www.jejakkasus.id
Ir.A.Rafiuddin, S.H.
© Copyright 2022 - JEJAKKASUS.ID